Sunday 12 June 2016

Cara membuat kalkulator berbasis web


Assalamualaikum
  Jumpa lagi bersama zonakode , masih sehat kan puasanya hehe...
kaliini saya akan membuat kalkulator berbasis web. hem gak tau kan pasti :D
biasanya program kalkulator ini berbasis c++,java atau netbean yang artinya sangat tidak familiar lagi
oke gak usah lama lama lagi kita akan membuat tutorial cara membuat kalkulator berbasis web.
disini saya membuat hanya satu halaman saja.. jika mau mengkreasikan lagi juga gak papa, tergantung selera.

ikuti langkah langkahnya oke...

1. buat file baru beri nama index.html / home.html
   isi dengan kode :
  


2. membuat layout / tampilan untuk meng inputkan dan meng outputkan Hasilnya.
    letakan di bawah <body> . di pahami juga tentang atributnya name,type,onclick, dan placeholder.
    isi dengan kode :



3. Sekarang Kita membuat fuctionya. ini penting bahkan paling penting, karena script ini yang aka memprosesnya.
    pelajari juga penamaanya sama kodekodenya setiap baris.. oke..
    membuat satu function juga bisa tetapi saya memilih membuat menjadi dua karena lebih mudah di pahami oleh pemula
    dan tujuan saya membuat anda paham.

    Letakan di bawah <title>Disini Judul </title>.
    berikut kodenya :




4. Selesai berikut jadinya :

ss hasil :


note :
PAHAMI KODE DI ATAS JIKA SUDAH PAHAM ANDA BISA MULAI MEMPERANTIK TAMPILAN.
    Seperti gambar di bawah ini

   


sekian tutorial dari saya  semoga bermanfaat jika mau tanya tanya silahkan komen.
wassalamualaikum w w w.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts